Happy B’day, Mom!

Tidak terasa tanggal 9 Mei telah terlewati. Padahal hari itu merupakan hari yang spesial bagi saya. Hari itu merupakan hari ulang tahun mama saya yang ke 59 tahun.

Dan lagi-lagi saya tidak sempat mengucapkan “selamat ulang tahun” pada beliau. Ini sudah terjadi hampir 3 tahun, semenjak berkuliah di Satya Wacana. Kebanyakan alasannya simple yakni “lupa”.

Kesibukan yang saya cari dan buat sendiri, kadang kala menuntut saya untuk cepat dan tepat. Tiap hari serasa dikejar deadline dan deadline berbagai hal. Beruntungnya, mama mau mengerti kesibukan anak lelaki semata wayangnya ini. Ia selalu mendukung apapun yang saya kerjakan dan selalu mengingatkan untuk tetap fokus pada kuliah.

Jika dirasa-rasa, mama banyak sekali berubah. Sudah tidak terlalu kolot dan cerewet seperti dulu lagi. Mungkin karena itulah saya jadi bisa lebih terbuka soal pacar, kuliah dan pekerjaan (emang kamu sudah punya pacar dan kerja, Win?).
Atau apakah saya yang sudah berubah? Saya tidak pernah tahu jawaban itu.

Tetapi ada kemungkinan karena banyaknya konflik yang sudah terjadi (rata-rata saya yang membuat), menjadikan saya dan mama saling paham satu dengan yang lain. Tidak ada saling menekan atau saling intervensi seperti dulu. Entah mengharuskan ini atau itu. Ego pun terkendali satu dengan yang lain.

Kue Ulang Tahun

Di ulang tahunnya yang ke 59 ini, saya ingin sekali sungkem dan mohon maaf atas segala tingkah laku saya terhadap beliau. Sudah hampir 20 tahun lebih, saya banyak membangkang ketimbang menuruti kata-kata beliau. Saya pun ingin juga, beliau masih ada di saat saya diwisuda bahkan sampai saya berkeluarga (kalau jadi, lho).

One thought on “Happy B’day, Mom!

Leave a Reply

