Surat untuk Sahabat FTJE

Januari 2011

Sahabat,

Senang sekali rasanya aku mendengar kalian akan segera ujian akhir skripsi dan akan membuat proposal skripsi. Aku senang sahabat-sahabat terbaikku akan segera lulus dan memulai perjalanan baru untuk meraih mimpinya. Tapi, aku juga agak sedih sekaligus iri, kalian lebih dulu lulus duluan ketimbang aku. Padahal aku ngin lulus dan wisuda bersama kalian. Secara angkatan, memang kalian sudah waktunya untuk lulus dan aku belum saatnya.

Sahabatku, terus terang, aku lupa mulai kapan kita bertemu, berkenalan hingga bersahabat.  Aku hanya tahu dan yakin, kafe rindang dan kafe kopi bakarlah tempat yang mempertemukan kita. Kafe tersebut adalah tempat kita makan, minum dan juga bergosp ria. Menyenangkan sekali rasanya. Aku merasa saat bersama kalian adalah sebuah moment terbaikku selama aku berkuliah di UKSW.

Aku sendiri tidak pernah menyesal kenal dan bersahabat dengan kalian, sekalipun banyak asumsi-asumsi miring tentang kalian juga fakultas kalian.  Dari kalian, aku belajar banyak sekali hal, mulai dari lingkup akademik sampai lingkup non-akademik.

Aku masih ingat, setahun lalu ketika aku sedang depresi karena patah hati dan telah dibunuh secara karakter  oleh orang-orang disekitarku, kalianlah yang datang menghibur dan membantuku. Menyemangatiku untuk kembali kuliah juga merangkai mimpi lagi. Kalian mampu menerima aku bukan sebagai “orang buangan” atau “orang gila”, tapi sebagai manusia. Dari situlah aku mulai berkembang dan menemukan diriku sendiri. Menemukan segala potensi diri, ruang berekspresi dan menghasilkan karya-karya-ku.

Dulu, mungkin orang-orang yang mengkhianati dan menikamku dari belakang adalah sosok orang yang aku benci. Tapi, sekarang setelah menemukan kalian sebagai sahabat, kebencian itu pun hilang. Sekalipun kalian pernah menjengkelkan hati, aku tetap senang berkumpul dengan kalian. Yah, apabila diibaratkan seperti sebuah candu pada narkoba.

Akhir kata, aku pun berdoa (pertama kalinya, aku berdoa lagi kie!!), semoga kalian selalu sukses dan berhasil.

 

Salam

Dik eL (Erwin Santoso)

Fakultas Psikologi

Leave a Reply

